Welcome to the Junk Note! Dont forget to leave your comment here. If you follow me, i will follow you!

Aplikasi Text Mining & Information Retrieval pada Google

Dear Gan!
Postingan kali ini mungkin agak spesifik bagi agan2 yang mendalami ilmu komputer sains, spesifiknya lagi bidang data mining alias penambangan data. Tapi karena ini blog general maka saya akan berusaha menyederhanakan agar agan2 semua pada ngerti.

Gini nih, agan2 semua pasti tau kan om Google yang baik hati itu? itu loh www.google.com. Nah pernah kebayang ga kenapa sih beliau begitu pinter dan tau aja apa yang harus ditampilkan ketika text box dalam pencariannya di ketik. Misal agan2 memasukkan kata kunci "Siapakah SBY?", om google pasti dengan cepatnya mengumpulkan sekumpulan dokumen yang relevan dan bisa dibilang sesuai harapan si user. Hebatnya lagi, bagaimana jika agan2 salah ngetik nih, misal "Siapakah SBV?", pasti om google dengan sok taunya menuliskan "apakah yang anda maksud siapakah SBY?" Ya ga? Whehehehe...

Nah, kecanggihan diatas sebenarnya tidak lepas dari perkembangan ilmu dalam bidang Text Mining (Data Mining) yang memiliki suatu algoritma dalam pencarian kata (disebut query) yang dimasukkan oleh si user.


Saya pernah nih belajar tentang algoritma itu dalam mata kuliah Data Mining saya, dan kebetulan tugasnya tentang gitu2an. Cuma bedanya kalo om google cari kemiripan dari jutaan data, saya cuma cari kesamaan kata dari 5 dokumen saja (hehehehe....masih jauh kayanya dari google). Tertarik? Nih baca aja artikel yang bisa di download di sini.

15 komentar:

pelampiasan data minimg nih,hehe..good..good

good info gan..biarpn rada mumang2 dikit klo dah bhadapan dgn algoritma..heheheh

@Ummul Khairi: iya nih pelampiasan stress diwaktu kuliah. junk note lah yang menampungnya hehehehe....

@hadissoft: sama bang, saya juga mumang waktu ngerjainnya hehehehe...

bisa kah text mining ini menggunakan algoritma term frequency-inverse documnet frequency agann?? kalo ada referensi atau punya koding tentang keduax dalam visual basic mohon bantuannya..kalo ada emailx agan kalo bisa..biar share dan tanya" tentang ini bisa lebih mudah,,terima kasih banya..

@Anonim:
Thanks Komentarnya.
Algoritma yang saya upload memang menggunakan term frequency-inverse documnet frequency atau dikenal dengan TF-IDF. Namun saya tidak memiliki coding dalam Bahasa Basic.

Jika agan mau algoritma tersebut, saya punya referensi yang bisa saya share.
Hrap memberikan alamat email atau kontak informasi agan.

akuu mauu referansi algoritma nya donkk,.,.
bolehh kan

kalo mau share,. tolong kirim ke email antigaptek.23@yahoo.com
thx b4

ada contoh kodingan dalam bentuk php?? klo ada share donkk,, kirim ke wulandari0908@gmail.com ya. mkasihhh

bisa share kodingnya gak?ni lagi da tugas ..
ke reza0reza@gmail.com

Kebetulan ini ga pake koding gan.. INi hanya algoritma..
Dan kodingnya bisa anda bangun sndiri dengan algo tersebut..

bisa kirim algoritma nya via email gak kirim ke aningw09@gmail.com makasih banyaakk

gan bisa kirim code dan algoritma nya dong bang... ke ahmad.baraas@gmail.com

kalo punya code in java nya juga boleh.

terima kasih banyak gan

Wah sangat bagus sekali artikelnya. tapi saya belum bisa donwload artikel di Link itu.
saya butuh banget source codenya dalam php ataupun java.
agan punya tidak? hehe
kalau punya, tolong bls komen ku ini yah, atau kirim ke email ku di vrizqiyani@gmail.com
terimakasih

Wah sangat bagus sekali artikelnya. tapi saya belum bisa donwload artikel di Link itu. saya butuh banget source codenya dalam php ataupun java. agan punya tidak? hehe kalau punya, tolong bls komen ku ini yah, atau kirim ke email ku di vrizqiyani@gmail.com terimakasih

Wah sepertinya saya juga membutuhkan source codenya dalam bentuk php. Kira-kira teman2 sudah ada yang dapat? bisa di kirmkan ke email saya juga tidak di acitbobo@gmail.com. Terimakasih, saya tunggu gan & teman2 emailnya :)

ada yang punya source codenya dalam bentuk php. saya minta donk . tolong banget kirim email fahmiidris134@gmail.com

Posting Komentar